Monday, May 31, 2010

Krisis Eropa Picu Krisis Bank di Eropa

Selasa, 25 Mei 2010 - 10:46 wib

SINGAPURA - Seluruh bursa saham di Asia kembali terkoreksi ke posisi terendah sejak beberapa bulan terakhir, diikuti dengan mata uang euro yang tergelincir pada perdagangan hari ini. Pelemahan tersebut terjadi di tengah kekhawatiran bahwa kesengsaraan Eropa atas utang, akan menimbulkan krisis baru di sektor perbankan di benua Eropa.

Tanggapan Eropa tentang krisis utang Yunani dan defisit di negara-negara zona euro berimbas negatif terhadap pasar, selama enam pekan terakhir, dan pengambilalihan bank sentral Spanyol pemberi pinjaman kecil di akhir pekan memicu kekhawatiran krisis yang lebih luas.

"Situasi dengan bank Spanyol membuat investor gugup, karena menimbulkan kecurigaan bahwa sesuatu yang lain mungkin muncul lebih baik lagi di balik layar," kata Hiroichi Nishi, general manager divisi ekuitas pada Nikko Cordial Securities di Tokyo, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (
25/5/2010).

Kondisi pendanaan untuk bank juga telah terjadi pengetatan, di mana perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat semakin enggan untuk berurusan dengan perusahaan-perusahaan dengan eksposur yang besar untuk Eropa.

"Investor menjual ke setiap penguatan euro. Kekhawatiran tentang krisis utang Eropa yang menunjukkan tanda-tanda tumpah ke sektor perbankan dengan biaya pendanaan meningkat, meskipun dari tingkat yang sangat rendah. Semua ini hanya akan melihat lebih banyak permintaan untuk dolar AS," kata analis mata uang dan strategi Jonathan Cavenagh, pada Westpac Australia.(css)

Ulasan : Kesengsaraan Eropa atas utang, akan menimbulkan krisis baru di sektor perbankan di benua Eropa bisa terlihat di seluruh bursa saham di Asia kembali terkoreksi ke posisi terendah sejak beberapa bulan terakhir, diikuti dengan mata uang euro yang tergelincir pada perdagangan. Selain itu krisis juga merubah kondisi pendanaan untuk bank yang telah terjadi pengetatan, di mana perusahaan-perusahaan di Amerika Serikat semakin enggan untuk berurusan dengan perusahaan-perusahaan dengan eksposur yang besar untuk Eropa.

Semuga krisis yang melanda yunani cepat terselesaikan dan tidak menular ke berbagai bagian eropa lannya.

Sumber:
http://economy.okezone.com/read/2010/05/25/213/336075/krisis-eropa-picu-krisis-bank-di-eropa

0 comments:

Post a Comment